Friday, December 21, 2012

Makna Dan arti seorang IBU


Arti seorang ibu mengandung milyaran makna. Ibu adalah lambang syurga yang terlihat di dunia, bahkan dalam salah satu hadìsnya Rosululloh saw bersabda jika Syurga itu ada di bawah telapak kaki ibu. Makna seorang ibu memang sangat luas, kehadirannya penuh arti dan ketika kita sedang terpisah pun maka ibu adalah orang yang paling kita rindukan. Semasa kita kecil pun lebih banyak menyebut nama ibu daripada nama ayah. Ketika kita baru bermain terus pulang ke rumah, maka ibu lah orang pertama yang kita tanyakan. Ketika manusia mulai merasa jauh dengan ibunya maka perlu berhati hati, karena itu bisa menjadi pertanda akan ada penderitaan dalam hidup.
Ibu, seperti apapun dia tetaplah wanita yang paling mulia di dunia ini, pemimpin terbaik zaman juga memberi teladan agar umat manusia 2/3 pengabdian dan baktinya diberikan kepada ibu. Ini tentu mengandung rahasia besar, bukan sekedar teori atau saran tanpa makna. Kesuksesan setinggi apapun yang dicapai oleh anak tak bisa dilepaskan dari peran seorang ibu. Tetapi mungkin ada orang yang bertanya ibu seperti apa yang bisa mengantar kejayaan putera puterinya dalam hidup ini? Tampaknya tidak semua ibu bisa menjalankan fungsi sebagaimana yang diamanatkan oleh agama. Ibu yang penuh makna adalah ibu yang memberi pendidikan terbaik kepada anak anak mereka dengan ketulusan kasih sayang. Mereka tidak melempar tanggung jawab pengasuhan kepada orang lain, karena ibu lah guru terbesar yang sangat mempengaruhi perkembangan seorang anak. Coba anda baca kisah hidup albert einstein, beliau pernah dianggap sebagai ‘anak tolol’ oleh gurunya.
Tetapi dimata ibu, ia adalah anak hebat yang punya bakat luar biasa. Ibu einstein kemudian mendidiknya dengan pola kasih sayang hingga apa yang dìlakukan oleh ibu membuat albert einstein punya nama abadi hingga sekarang. Para ulama besar pun rata rata diasuh oleh ibu yang luar biasa, ibu mereka tidak jenius, tidak pula hebat,tetapi seorang ibu punya naluri mendidik YANG TAK BISA DIGANTIKAN DENGAN METODE APAPUN. Inilah rahasia seorang ibu, meski secara akademik boleh jadi tidak pandai, tetapi kasih sayang dan kasih cinta yang mereka berikan bisa mengantar sang anak mencapai puncak kesuksesan hidup. Sedemikian mulianya makna seorang ibu sampai sampai Rosul memberi kabar bahwa syurga itu ada di telapak kaki ibu. Kejayaan dan keberhasilan suatu generasi sangat bergantung pada peran penting yang melekat di dalam mutiara arti seorang ibu. 

Sumber : http://blog.unnes.ac.id

Tags: ,

0 Responses to “Makna Dan arti seorang IBU ”

Post a Comment

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Tenny Techno. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks